RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI 27 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Membuat Busana Wanita
Kelas : XI Busana
Semester : Ganjil
Program Studi : Busana
Butik
Standar Kompetensi : Membuat Celana Wanita
Kompetensi Dasar : Menjahit Celana Wanita
Indikator : 1) Mendefinisikan pengertian celana wanita
2)
Mengidentifikasikan
alat dan bahan yang diperlukan untuk
membuat celana wanita
3) Menjelaskan macam-macam celana
4) Menjelaskan bagian-bagian Celana wanita
5)
Menjelaskan langkah kerja
menjahit celana wanita
6)
Menjelaskan teknik penyelesaian dan pengepresan celana wanita
Alokasi Waktu : 6 x 45’ (1 x pertemuan)
Nilai dan Materi yang
diintegrasikan : a. Pendidikan karakter
b. Pendidikan kewirausahaan
c. Ekonomi kreatif
|
A. Tujuan Pembelajaran
|
1. Siswa mampu mendefinisikan
pengertian celana wanita
2. Siswa mampu mengidentifiksikan alat
dan bahan yang diperlukan untuk membuat pola celana wanita
3. Siswa mampu membuat celana wanitasesuai prosedur
4. Siswa mampu
menyelesaikan celana wanita sesuai prosedur.
|
|
B. Materi Ajar
|
1. Pengertiancelana Wanita
2. Alat dan bahan
3. Bagian-bagian celana Wanita
4. Langkah celana Wanita
5. Teknik penyelesaian celana Wanita
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
1. Ceramah
(memaparkan materi yang
telah disusun),
2. Tanya
jawab (memberi
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang masih belum dipahami atau
guru bertanya kembali kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana
siswa memahami materi yang telah disampaikan),
3. Demonstrasi (memperlihatkan suatu keahlian atau
keterampilan dalam menggunakan suatu alat atau cara melaksanakan suatu
kegiatan yang disertai juaga dengan penjelasan atau teori),
4.
Pemberian tugas (guru memberikan tugas kepada siswa sebagai penerapan
dari materi yang telah disampaikan).
|
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan
1. Pendahuluan 10’
a) Orientasi :
guru memasuki kelas, mengabsen murid dan menanyakan kabar murid.
b) Apersepsi : guru
mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya yang masih berhubungan dengan
materi yang akan dibahas.
c) Motivasi :
guru menjelaskan tentang pentingnya materi tentang pembuatan celana wanita
untuk menambah ilmu pengetahuan siswa tentang teknik menjahit busana.
Pemberian
acuan : Celana adalah pakaian bawahan
yang dipakai untuk menutupi dari
pinggang sampai kaki.
Ada dua kategori umum dari Celana:
• Celana pendek (dengan ukuran dari
pinggang sampai lutut atau kurang)
• Celana panjang (dengan ukuran dari
pinggang sampai tumit)
2. Inti 205’
a. Eksplorasi
1) Guru menjelaskan tetang pengertian celana
dan contoh gambar dengan menggunakan power point.
Celana
adalah pakaian bawahan yang dipakai untuk menutupi dari pinggang sampai kaki.
Ada dua kategori umum dari Celana:
• Celana pendek (dengan ukuran dari
pinggang sampai lutut atau kurang)
• Celana panjang (dengan ukuran dari
pinggang sampai tumit)
2) Guru
menjelaskan macam-macam celana dengan menampilkan contoh gambar pada powerpoint
3) Guru
menjelaskan tentang alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat belahan
gulbi dengan menampilkan contoh gambar pada powerpoint
b. Elaborasi
1) Guru
membagikan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2) Guru meminta seluruh siswa menjahit celana wanita sesuai SOP
3) Guru memberi kesempatan kepada siswa yang telah menyelesaikan
celana wanita dengan benar untuk mengajari temannya yang belum mengerti (Tutor
Sebaya).
c. Konfirmasi
1.
Guru memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya bagi yang
belum memahami serta terhambat dalam menyelesaikan tugas
membuat celana wanita.
2.
Guru memberikan penjelasan
kembali jika masih ada siswa yang belum mengerti terhadap materi dan latihan
yang diberikan.
3.
Guru memberikan tanggapan
terhadap hasil kerja siswa.
4.
Guru memberikan motivasi kepada
siswa yang masih mengalami kesulitan dalam pembuatan celana wanita agar siswa
mempelajari kembali hingga mancapai hasil yang memuaskan.
3. Penutup 10’
a. Siswa mencatat seluruh materi
atau hal yang dianggap penting untuk dipelajari kembali.
b. Guru mengevaluasi seluruh
pekerjaan siswa
c. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan umum tentang materi
pembuatan celana pria.
d. Sebelum menutup pertemuan, guru
menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
E.
Alat dan Sumber Belajar
Sumber
:
1. Buku tentang busana pria
Alat :
1. LCD
2. Hardware Komputer
3. Alat peraga
4. Alat praktek lab
5. ATK
Jenis
Bahan Belajar
1. Modul
2. Flip Chart
3. Latihan soal
|
|
|
F.
Penilaian
1. Tes tertulis
2. Penugasan
3. Penilaian diri
4. Penilaian antar teman.
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
1.
Sebutkan
Model-model celana yang kamu ketahui?
2.
Ukuran
Apasajakah yang di gunakan untuk membuat celana?
3.
Apa
perbedaan celana wanita dan Celana Wanita?
Jawab?
1.
Celana
Pantalon, Celana Pant, Celana Rok.
2.
Lingkar
pinggang, lingkar panggul, lingkar pasak, tinggi duduk, panjang celana, Pipa
celana
3.
Kalau
celana wanita bentuk pada bagian paha mengikuti bentuk tubuh, sedangkan celana
wanita pada bagian Paha di bentuk saja langsung di buat garis sampai bentuk
lingkar pipa celana.
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sudiono. MM
NIP : 196504051994031002
|
|
Jakarta,30 september2012
Guru Mata Pelajaran
Dra.
Meita Roselina
NIP:195905111986032003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar